Sabtu, 17 Agustus 2013

Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Dunia Maya

Perkembangan teknologi informasi, khususnya internet yang sudah sedemikian pesatnya sulit sekali dibendung. Setiap detik selalu muncul informasi terbaru dari berbagai belahan dunia. Banyak yang positif, namun tidak sedikit juga yang negatif. Seiring kemajuan teknologi internet ini, pengguna pun semakin banyak, bahkan kini bagi anak-anak di bawah umur pun internet bukan lagi merupakan hal baru atau asing. Tengoklah di beberapa warnet, hampir setiap harinya selalu dibanjiri anak-anak. Sebagian ada yang mencari bahan tugas dari sekolah, namun selebihnya.. ada yang facebook-an, dan yang lainnya.. entah apa yang mereka cari?!

Maraknya berita di berbagai media mengenai aksi nekad anak di bawah umur yang kabur dari rumah karena kecantol teman lawan jenisnya yang ia kenali lewat situs jejaring sosial, tentu membuat gerah para orang tua yang mengetahui anak-anaknya yang kini sudah mengenal dunia maya, bahkan sering mondar-mandir ke warnet.

Untuk mengantisipasi kejahatan dunia maya yang kemungkinan besar akan berdampak buruk terhadap pola pikir dan perilaku anak, berikut ini beberapa tips untuk melindungi anak-anak yang hobi online yang bersumber dari Windows Live Family Safety.
·         Letakkan komputer keluarga dan mainan dengan koneksi internet di tengah rumah untuk memudahkan pengawasan aktivitas online anak-anak.
·         Tanyakan kepada anak-anak, apa yang mereka lakukan ketika sedang online, dan usahakan untuk mendapatkan jawaban yang rinci. Minta kepada mereka untuk memberikan "tur online" pada website yang sering mereka kunjungi, dan aktivitas online lainnya tempat mereka berpartisipasi.
·         Lakukan diskusi mendalam mengenai kejahatan dunia maya dengan anak yang lebih tua, yang mungkin mengakses internet di tempat yang berbeda-beda, termasuk di luar rumah, di mana mereka tidak selalu diawasi.
·         Berikan gambaran jelas kepada anak-anak, mengenai hal yang akan mereka hadapi apabila memiliki keterlibatan dalam kejahatan dunia maya dengan orang lain.
·         Pastikan anak-anak merasa nyaman melaporkan kejahatan yang mereka alami kepada anda, janjikan anda akan melaporkan insiden apapun, jika mereka mau. Misalnya dengan melakukan pendekatan kepada orang tua si pelaku tindak kejahatan, guru, atau pihak manapun yang berpotensi memperburuk keadaan. Pikirkan strategi terbaik untuk melatih anak anda.
·         Dukung anak-anak dan teman mereka untuk saling menjaga. Cara ini akan secara drastis mengurangi kemungkinan mereka dijadikan sebagai target kejahatan.

Namun demikian, orang tua atau orang yang lebih dewasa perlu mencari dan menerapkan beberapa tips lainnya untuk menghindari anak dari kemungkinan terkena imbas negatif dari dunia maya ini.

0 komentar:

Posting Komentar